Jumat, 06 September 2013

Tips Mengenalkan Makanan Pada Bayi 6 Bulan

Usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk mengajarinya makan karena pada usia ini lidah dan rahang bayi sudah dapat digerakkan ke segala arah dan lambung bayi sudah siap menerima makanan halus. Pemberian makanan ini bertujuan untuk mempersiapkan bayi untuk makan makanan padat.

Ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan ketika mengajari bayi makan :

Porsi awal

Berikan makanan pada bayi dalam porsi kecil dan encer saat mengenalkan makanan padanya. Cukup 2 sendoh teh pada hari pertama bayi belajar makan. Makanan encer mudah dicerna oleh lambung bayi. Secara bertahap makanan dikentalkan dan porsinya ditambah.

Kenalkan satu jenis makanan pada bayi lalu amati selama beberapa hari apakah bayi alergi terhadap jenis makanan tersebut atau tidak. Pada dua minggu pertama makanan yang dikenalkan pada bayi umumnya berupa bubur susu dan buah.

Beri kebebasan pada bayi untuk tentukan porsi makannya

Biarkan bayi yang menentukan berapa banyak makanan yang ingin dia makan. Beberapa bayi makan dalam porsi kecil dan bayi lainnya makan dengan porsi besar. Ibu tidak perlu kuatir jika bayi makan dalam porsi kecil selama proses tumbuh kembangnya berjalan dengan normal.

Jangan paksa bayi untuk makan karena akan menimbulkan trauma. Jika bayi mendorong makanan keluar atau menutup mulutnya rapa-rapat mungkin bayi belum siap dengan makanan padat, coba lagi esok hari.

Variasi makanan

Variasi makanan diperlukan untuk mengenalkan berbagai jenis makanan pada bayi agar bayi tidak bosan dan membangkitkan selera makannya. Hanya memberikan makanan yang sama akan membuat bayi kekurangan gizi yang dibutuhkannya.

Jadwal makan yang teratur

Penting bagi ibu untuk konsisten memberi makan bayi pada jam-jam tertentu, hal ini bertujuan untuk melatih system pencernaan bayi untuk belajar menerima, mencerna dan menyerap makanan.

Jika bayi sudah merasa kenyang dia akan member isyarat berupa mengeluarkan lidahnya atau memalingkan muka.

No comments yet. Be the first to leave a comment !

View the original article here



Peliculas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar