Jumat, 06 September 2013

Daftar Makanan Bayi 6 Bulan

Usia 6 bulan adalah usia yang tepat bagi ibu untuk mengenalkan makanan lain pada bayi selain ASI. Pada usia ini bayi sudah siap untuk belajar mengunyah, pada usia ini rahang bayi sudah dapat digerakkan ke segala arah dan lambung bayi sudah siap menerima makanan selain ASI.


Melewatkan fase ini tanpa mengajarkan cara makan kepada bayi sangat berbahaya bagi perkembangan bayi karena bayi akan mengalami kesulitan ketika memasuki fase makan makanan keras. Selain itu, kebutuhan bayi usia 6 bulans udah semakin bertambah hingga perlu makanan tambahan selain ASI agar bayi tidak kekurangan gizi dan dapat tumbuh dengan baik.


Menu makanan apa yang cocok untuk bayi yang baru belajar makan ? makanan jenis apa yang tidak disarankan untuk diberikan pada bayi yang baru belajar makan, berikut daftarnya :


Menu makanan untuk bayi usia 6 bulan  ( 2 minggu pertama ) :

Bubur susuBubur pisangBubur apel yang manis ( tidak dianjurkan memberi apel hijau )Bubur pear

Hindari buah-buahan yang asam seperti jeruk.


Minggu berikutnya bayi sudah dapat dikenalkan dengan sayuran seperti :


Hindari sayuran yang pahit seperti pare / paria atau sayuran yang menimbulkan gas dalam perut karena dapat membuat bayi kembung seperti kubis dan brokoli.


Makanan yang tidak cocok untuk bayi usia 6 bulan :

Kacang-kacanganKejuDaging merahSea foodMaduTelur ( bagi bayi yang orang tuanya memiliki riwayat alergi )Garam dan gula ( karena ginjal bayi belum sempurna )

Bayi berusia 7 – 10 bulan dapat dikenalkan pada makanan seperti bubur nasi yang dicampur dengan sayuran dan ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar