Jumat, 06 September 2013

Bahaya Memberi Makan Bayi Sebelum Usia 6 Bulan

Waktu yang tepat untuk memberi bayi makanan lain selain ASI sangat penting karena pemilihan waktu yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah pada proses tumbuh kembang bayi.


Pada jaman dahulu bayi sudah diberi makanan tambahan pada usia 4 bulan bahkan lebih muda dari itu, biasanya bayi diberi makan pisang yang dikerok, pemberian makanan ini bertujuan supaya bayi tidak lapar. Bayi yang sering menangis, rewel acapkali dianggap lapar dan sudah membutuhkan makanan lain selain ASI. Anggapan ini tidak benar.


Pemberian makanan pada bayi usia dibawah 6 bulan dapat mengakibatkan :

Pemberian makanan sebelum saluran pencernaan siap untuk mencerna dapat menimbulkan berbagai masalah seperti perut kembung, susah BAB dan gangguan pencernaan lainnya.Dapat memicu diabetesMenyebabkan bayi obesitas karena beberapa enzim pemecah protein baru diproduksi sempurna pada usia 6 bulan.Rawan muncul alergi karena usus belum siap menerima makananRawan sakit yang disebabkan oleh kuman karena daya tahan tubuh bayi belums empurna.

Jika bayi dibawah usia 6 bulan tampak masi lapar setelah minum ASI atau susu furmula sebaiknya jangan buru-buru diberi makanan tambahan tapi berkonsultasilah dengan dokter anak. Mungkin rewelnya bukan disebabkan oleh lapar tapi lebih pada tingkah laku atau masalah medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar