Minggu, 30 November 2014

Manfaat MAINAN EDUKATIF untuk ANAK-ANAK

Saat ini banyak sekali mainan untuk anak di pasaran. Sebagai orang tua, hendaknya Anda bijak dalam memilih mainan untuk anak Anda. Permainan edukatif anak saat ini sudah banyak menjadi pilihan para orang tua. Hal tersebut karena manfaat permainan edukatif untuk si kecil sangat banyak.

Salah satu manfaat permainan edukatif adalah untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasar anak. Saat si kecil mengambil mainan tersebut, kemudian meraba dan memegangnya, maka motorik halusnya yang bekerja. Saat ia mulai memainkan, motorik kasarnya ikut terstimulasi.

Saat memainkan permainan edukatif anak, si kecil akan memfokuskan pikirannya untuk mengetahui bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Saat itulah kemampuan anak akan tergali. Ia akan terfokus pada mainannya dan hal ini sangat baik untuk melatif konsentrasi si kecil.

Saat memainkan permainan edukatif anak yang berkaitan dengan rancang bangun, anak secara tidak langsung diajarkan mengenai konsep sebab akibat. Dimana ia akan mengerti jika ia menumpuk mainannya seperti cara A, ia akan mendapat bangunan A. Tapi jika ia melakukannya dengan cara B, maka bangunan yang dihasilkan pun akan berbeda dari sebelumnya.

Tidak heran jika permainan edukatif anak akan membantu si kecil menambah wawasannya. Saat ia mulai bisa berbicara, ia akan berusaha untuk menceritakan bagaimana ia memainkan mainannya atau bagaimana ia menyusun balok-balok hingga membentuk sebuah bangunan yang indah.

Pada permainan edukatif anak biasanya disuguhkan banyak warna dan bentuk. Hal ini sangat baik untuk si kecil karena melalui permainan ini, ia akan belajar mengenai bentuk dan warna. Manfaat permainan edukatif ini akan mampu menunjang pertumbuhan si kecil kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar