Jumat, 27 Juli 2012

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB (Bayi Konstipasi)

Susah BAB tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tetapi juga kerap dialami oleh bayi. Penyebab bayi susah BAB umumnya disebabkan karena makanan yang dikonsumsinya. Bayi sulit BAB (bayi konstipasi) biasanya sering dialami oleh bayi yang minum susu formula atau bisa juga campuran ASI dan susu formula. BAB bayi umur 0 – 6 bulan yang minum ASI eksklusif umumnya BAB-nya lancar. Hal itu karena ASI mengandung FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Olisakarida), salah satu jenis prebiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi.


Belakangan untuk membantu menyehatkan saluran pencernaan bayi, sejumlah produk susu formula mengklaim telah menambahkan FOS dan GOS pada komposisinya. Namun, pada kenyataannya tak sedikit bayi yang sudah minum susu formula yang konon mengandung FOS dan GOS pun, masih tetap mengalami sembelit atau sulit BAB. Untuk itu, cara yang paling dianjurkan untuk mengatasi bayi susah BAB (konstipasi pada bayi) adalah dengan memberikannya ASI eksklusif. Minum ASI eksklusif sangat baik untuk mencegah bayi sembelit atau susah BAB lantaran ASI sangat mudah dicerna oleh pencernaan si kecil.


Pertanyaannya, bagaimana jika bayi sudah diberi ASI eksklusif namun bayi tetap susah buang air besar (BAB) ? Hal itu, bisa terjadi karena ada kemungkinan ASI  kurang mengandung FOS dan GOS. Untuk itulah, pentingnya ibu mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan berserta selama menyusui, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Ibu harus ingat, apa yang ibu makan, hasilnya akan mempengaruhi kualitas ASI ibu.


Bayi 6 Bulan ke atas Susah BAB ?


Mulai umur 6 bulan, bayi sudah diperbolehkan untuk diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Jika bayi Anda mengalami susah BAB, cara mengatasinya ada beberapa tips:

Berikan makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayuran dan buah.Pijat bagian perut bayi dengan lembut untuk membantu memperlancar saluran pencernaan bayi.Angkat lutut bayi ke arah perut secara perlahan beberapa kali untuk membantu mengeluarkan feses bayi.Berikan minum air putih secukupnya.

Cara mengatasi susah BAB di atas dapat juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Jadi, mulai sekarang Anda dapat melakukan tips tersebut secara teratur untuk mencegah bayi sulit BAB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar