Sabtu, 28 Juli 2012

Tahap Perkembangan Bayi 6 Bulan

Tidak terasa usia bayi Anda sekarang sudah menginjak 6 bulan. Usia di mana dia sudah mulai diperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Sekarang kesibukan Anda pastinya akan bertambah, karena harus mempersiapkan menu makanan bayi 6 bulan. Mari kita lihat apa saja yang berubah pada tahap perkembangan bayi usia 6 bulan ini.

Saluran Pencernaan Bayi
Pada usia ini, sistem pencernaan bayi Anda sudah cukup baik dan siap menerima asupan makanan padat atau biasa disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Hal inilah yang menjadi dasar Badan Kesehatan Dunia WHO merekomendasikan setiap bayi mulai diberikan MPASI pada umur 6 bulan. Siapkan menu makanan bayi 6 bulan yang sehat dan bergizi untuk si kecil. Untuk menghindari bayi susah BAB, jangan lupa Anda berikan anak Anda makanan yang mengandung serat, termasuk sayuran dan buah.  Meskipun bayi Anda sudah mulai diperkenalkan makanan padat, sebaiknya Anda tetap meneruskan pemberian ASI eksklusif. Perlu diingat bahwa MPASI hanyalah makanan pendamping saja, sementara ASI masih merupakan makanan pokok bayi.

Perubahan Feses Bayi
Setelah diberikan makanan padat, feses bayi umur 6 bulan sudah tidak seperti saat bayi Anda hanya diberikan ASI. Anda tak perlu kaget bila melihat feses bayi ada perubahan warna, agak bau, dan lebih padat dari sebelumnya. Tingkat kebauan dan warna tinja bayi tergantung dari jenis makanan yang dimakannya.

Bayi Lancar Berguling dan Bergeser
Mayoritas pada tahap pertumbuhan bayi 6 bulan ini, bayi sudah bisa tengkurap sendiri dan membolak balikkan tubuhnya dengan lancar. Selain itu, bayi juga sudah lancar memutar tubuhnya ke berbagai arah baik dalam posisi tengkurap maupun terlentang. Bahkan beberapa bayi, sudah bisa bergeser agak jauh dari tempatnya semula. Supaya bayi Anda tidak terjatuh dari tempat tidur atau kepalanya terbentur dinding atau benda keras, Anda harus berhati-hati menjaganya. Jangan pernah Anda meninggalkan bayi Anda bermain sendiri terlalu lalu karena pergerakan bayi sudah cukup cepat. Bisa dikatakan, pergerakan inilah awal mula bayi belajar merangkak.

Tangan Bayi Makin Kuat
Jika sebelumnya bayi Anda kesulitan meraih dan memegang suatu benda, pada umur 6 bulan ini bayi Anda sudah bisa meraih dan memegang benda dengan tepat. Bahkan, benda yang agak berat pun (misalnya bantal atau guling besar) sudah bisa dipindahkan dengan tangannya.
Selain itu, pada perkembangan bayi usia 6 bulan ini biasanya memiliki rasa keingintahuan yang meningkat. Untuk mengobati rasa keingintahuannya itu, mungkin anak Anda sering minta digendong atau dipangku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar