Sabtu, 09 Juni 2012

Mengembangkan Kemampuan Anak dengan Mainan Anak

Perkembangan setiap anak tak lepas dari campur tangan orang tua dan orang yang ada di dekatnya. Tumbuh kembang seorang anak tidak berjalan secara otomatis.

Pertumbuhan anak, terutama kemampuannya ikut dipacu faktor eksternal. Memberikan mainan anak bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak.

Saat ini tersedia berbagai jenis mainan anak di pasaran. Mainan mulai bayi sampai anak-anak yang cukup besar bisa didapatkan dengan mudah. Harga berbagai mainan juga sangat murah. Apalagi dengan masuknya berbagai produk mainan dari China, harga mainan anak semakin miring saja.

Namun sebagai orang tua, Anda harus bijak dalam memberikan berbagai jenis mainan kepada anak supaya anak Anda dapat berkembang secara maksimal.

Belajar Sambil Bermain

Tentu hal yang wajar bagi setiap anak untuk menghabiskan waktunya untuk bermain. Namun alangkah baiknya, saat anak bermain itulah, mereka bisa ikut mengasah kemampuannya. Dengan kata lain, saat bermain anak bisa belajar sesuatu yang berguna untuk kehidupannya. Banyak mainan anak yang bisa digunakan untuk kedua tujuan tersebut.

Mainan edukatif adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mengembangkan kemampuan anak. Dengan mainan edukatif, berbagai kemampuan anak dapat berkembang dengan baik, misalnya kemampuan motorik, kognitif, verbal, dan lain sebagainya. Memberikan mainan edukatif yang tepat dengan usia dan kemampuan anak bisa turut mengakselerasi perkembangannya menjadi lebih cepat lagi.

Dengan memberikan berbagai mainan anak sambil mendampingi saat anak bermain, Anda bisa turut mengembangkan kemampuan anak Anda. Misalnya saat Anda memberikan mainan berupa berbagai bentuk dari bahan kayu dengan berbagai warna, anak bisa belajar bentuk-bentuk tersebut dan belajar warna. Dengan meletakkan bentuk sesuai dengan polanya, anak akan mengembangkan kemampuan motoriknya.

Contoh lain adalah menggunakan flash card. Flash card adalah kartu yang di dalamnya terdapat gambar dan tulisan dari gambar tersebut. Dengan menggunakan flash card ini, anak bisa meningkatkan kemampuan bahasanya dan juga perbendaharaan kosa katanya. Anak bisa mengenal benda dan warna dari flash card tersebut. Apalagi jika flash card itu juga menggunakan berbagai bahasa, termasuk bahasa asing. Anak bisa mulai mengenal dan belajar berbagai kosa kata bahasa asing.

Memberikan mainan anak tidak ada salahnya jika Anda bisa jeli di dalam memilih berbagai jenis mainan yang ada. Mainan bisa ikut mengembangkan kemampuan anak. Jangan pernah takut anak akan menghabiskan waktunya untuk bermain, karena saat bermain itulah mereka turut belajar dan mengembangkan kemampuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar