Sabtu, 09 Juni 2012

Memilih Mainan Bayi untuk Usia 0-3 Bulan

Mainan adalah harta karun berharga bagi anak-anak. Termasuk bagi bayi di bawah usia 3 bulan sekalipun.

Fungsi mainan bayi 3 bulan adalah:

• Dapat menghibur bayi.

Mainan dapat mengobati rasa bosan pada bayi, juga dapat digunakan untuk menenangkan bayi saat rewel.

• Mencerdaskan dan merangsang panca indera.

Bayi akan belajar untuk mengenali warna-warni dan macam-macam bentuk benda. Juga melatih koordinasi dan fokus pada benda yang menarik perhatiannya.

Hal yang Dipertimbangkan Saat Memilih Mainan Bayi Usia 0-3 bulan

Bagaimana cara mengetahui sebuah mainan sesuai bagi bayi kita? Salah satu cara adalah membaca keterangan jarak usia yang tertera pada bungkusnya. Selain itu, kita dapat mengamati saat bayi kita bermain dengan mainan tersebut.

Mainan yang benar akan membantu bayi kita untuk menyempurnakan keterampilan yang sudah ia pelajari dan juga mengembangkan sebuah ketrampilan baru.

Berikut beberapa tips yang dapat menjadi panduan untuk memilih mainan bayi usia 0-3 bulan:

Mainan memiliki warna yang mencolok namun tidak luntur bila mengalami proses pencucian beberapa kali. Hingga aman bila bayi menggigit-gigit mainan tersebut.

Teliti seluruh bagian mainan, apakah terjahit dengan baik. Hal ini untuk mencegah resiko bayi tersangkut pada benang yang terlepas.

Mainan yang berkualitas baik, tidak akan memiliki komponen yang mudah terlepas. Misalnya kancing atau kaitan. Pastikan ornamen mainan menempel dengan kuat. Seperti bagian mata atau kumis.

Carilah mainan yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian, seperti musik atau gemerincing. Ini dapat menarik perhatian bayi yang senang berekspolrasi dengan mainannya. Pilih yang bersuara lembut, hindari yang bersuara keras atau melengking karena dapat merusak pendengaran bayi.

Ukuran mainan harus lebih besar dari ukuran mulut bayi. Ini untuk mencegah bahaya bayi tersedak mainan. Hal ini dapat berakibat fatal karena dapat menghambat saluran pernapasan bayi.

Jenis Mainan Bayi Usia 0-3 Bulan

Beberapa jenis mainan yang dapat diberikan:

• Mainan yang digantung

Mainan ini dapat merangsang indera penglihatan bayi. Warnanya yang cerah disertai suara yang “ribut” membuat bayi memusatkan perhatian dan fokus pada mainan.

• Mainan untuk digigit (theeters)

Bayi secara naluriah akan memasukan benda ke dalam mulut dan mengigitnya, termasuk mainan kesayangannya. Kegiatan ini dapat merangsang indera pengecap bayi.

• Boneka karet atau berbahan lembut

Meskipun belum mampu memegang secara sempurna. Namun, mainan yang ringan dan empuk ini sebaiknya dimiliki. Tujuannya untuk merangsang indera peraba bayi

• Gelang gemerincing (rattle)

Mainan ini salah satu favorit sepanjang masa. Dapat melatih koordinasi panca indera bayi.

1 komentar: