Sabtu, 09 Juni 2012

Melatih Anak dengan Permainan Kubus

Mainan adalah dunianya anak-anak. Banyak permainan yang dibuat dan dikembangkan untuk kesenangan anak-anak. Namun banyak juga permainan yang dibuat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan anak. Salah satu permainan tersebut adalah Permainan Kubus.

Permainan kubus atau yang sering disebut dengan rubik adalah permainan yang terdiri dari sebuah kubus dengan enam sisi warna yang berbeda. Di setiap sisi kubus dari bahan plastik ini, terdiri dari kubus-kubus kecil lagi yang berjumlah 9 buah. Sehingga total kubus kecil yang ada adalah 26 buah (karena bagian tengahnya tidak dihitung). Kedua puluh enam kubus kecil dengan sisi warna yang berbeda ini bisa diputar horisontal dan vertikal.

Cara main dari permainan kubus ini mudah saja. Setelah kubus kecil diputar dan diacak, maka warna yang ada di setiap sisi menjadi tidak sama lagi dan sangat berantakan. Tugas dari orang yang memainkannya adalah mengembalikan warna di setiap sisi kembali pada kondisi awal, yaitu memiliki warna yang sama di setiap sisi.

Tidak mudah, karena dibutuhkan konsentrasi dan kemampuan dalam menghayal ruang.

Kemampuan yang Dikembangkan

Banyak kemampuan anak yang bisa dikembangkan dengan permainan kubus ini. Salah satunya adalah kemampuan motorik anak. Saat bermain dengan kubus rubik, anak harus memutar-mutarkan kubus untuk mencari posisi warna yang tepat. Di sini anak belajar untuk menggenggam suatu benda dan menggerakkannya. Kemampuan motorik anak akan terasah dengan latihan seperti ini.

Kemampuan lain yang juga bisa dikembangkan adalah kemampuan untuk berpikir membayangkan secara ruang. Dengan memainkan kubus ini, anak akan membayangkan ruang tiga dimensi. Kemampuan untuk membayangkan bentuk ruang ini akan berguna di kemudian hari.

Di dalam permainan ini, otak anak juga akan bekerja cukup keras. Anak akan dilatih untuk berpikir bagaimana cara untuk menyelesaikan permainan ini. Logika di dalam berpikir menjadi salah satu kunci sukses di dalam menyelesaikan permaian ini.

Di dalam menyelesaikan permainan kubus ini, diperlukan waktu yang tidak sedikit. Di sinilah sifat anak juga akan terlatih. Sifat sabar dan tekun di dalam menyelesaikan setiap masalah akan ikut terasah dengan baik saat anak mencoba menyelesaikan permainan kubus ini.

Berpikir secara sistematis dan berurutan juga menjadi salah satu kemampuan yang bisa diasah dengan permainan kubus ini. Diperlukan urutan yang tepat di dalam menyelesaikan setiap permainan. Dengan demikian anak akan bisa berpikir secara sistematis.

Setiap permainan terutama permainan edukatif memiliki kelebihan masing-masing dalam merangsang perkembangan kemampuan anak. Permainan kubus merupakan salah satunya yang cukup menarik dan menantang untuk anak-anak. Dengan memberikan permainan ini kepada anak Anda, kemampuannya akan dapat terasah dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar